Anggota Polres Jaksel Wajibkan Tanam Pohon Ketapang Kencana

Pol Bastoni Purnama, kepala polisi di Metro Jakarta Selatan, berkomitmen anggotanya untuk menanam bibit pohon untuk mendukung program Kepedulian Ramah Lingkungan secara berkelanjutan.

Akan ada program promosi untuk anggota yang harus menanam pohon, katanya, Sabtu (1 November).

Dia mengungkapkan bahwa langkah ini diambil sebagai ekspresi dari keseriusan upaya kepolisian nasional untuk melindungi lingkungan, khususnya di wilayah hukum Kepolisian Metro Jakarta Selatan.

Anggota Polres Jaksel Wajibkan Tanam Pohon Ketapang Kencana

Sebagai bagian dari penanaman simultan yang dilakukan Jumat lalu, 1.500 bibit pohon produktif disiapkan untuk penanaman di kantor polisi di Distrik Metro Jakarta Selatan dan di semua kabupaten di bawah ini.

Program Program Kepolisian Penghijauan di Taman Margasatwa Ragunan secara simbolis dipusatkan bersama dengan Forum Komunikasi Kepemimpinan Daerah Jakarta Selatan. Semua kantor polisi ditanam pada waktu yang bersamaan.

Dia mengatakan 1.500 bibit pohon tanaman produktif akan ditanam secara bertahap sehingga penanaman bisa selesai minggu depan.

Selain transportasi, kami juga memprogram pejabat Polres dan Polsek yang menyerahkan posisi kepada pejabat lama untuk menanam pohon sebagai suvenir, kata Bastoni, dikutip oleh Antara.

1 dari 1 halaman

Jenis-jenis pohon tanaman produktif yang disiapkan adalah rambutan, lengkeng, jambu biji, mangga, mauna, jamplang, kepuh, kayu putih, anggur laut, bunga merak, juwet, trembesi, jawa asam Jawa dan ketapang.

Bastoni menambahkan bahwa upaya menanam bibit pohon adalah langkah reboisasi yang bertujuan melindungi ekosistem, mengantisipasi banjir dan memastikan keseimbangan alam. Jual Bibit Pohon Ketapang Kencana

Pohon yang kita tanam nanti juga merupakan warisan bagi anak-anak dan cucu kita sehingga bumi tetap berkelanjutan, kata Bastoni.

Secara spesifik Ketapang Kencana adalah pohon yang tidak dianggap tanaman langka. Pohon Ketapang Kencana adalah pohon yang sering ditanam sebagai pohon rindang di taman atau pinggir jalan. Pohon ketapang memiliki ciri khas berupa cabang dan kanopi. Cabang-cabangnya biasanya horisontal dan bagian atapnya berlapis dan sangat mirip strukturnya dengan bangunan pagoda.

Pohon ini tidak hanya disebut Ketapang, tetapi juga memiliki berbagai nama daerah seperti Hatapang (Batak), Katafa (Nias), Katapieng (Minangkabau), Lahapang (Simeulue), Ketapas (Timor), Dach (Bugis), Talisei, Tarisei, Salrisei (Sulawesi Utara). , Tiliso, Tiliho, Ngusu (Maluku Utara), Sarisa, Sirisa, Sirisal, Sarisalo (Maluku), Lisa (Merah) dan Kalis, Kris (Papua).

Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah almond tropis, almond India, pohon payung, almond laut, dan almond pantai. Nama tanaman ini dalam bahasa Latin (ilmiah) adalah Terminalia catappa L., yang identik dengan Terminalia moluccana Lamk., Terminalia procera Roxb. Dan Terminalia latifolia Blanco.

Deskripsi dan karakteristik. Pohon Ketapang Kencana atau Latin (Terminalia catappa) adalah pohon dengan mahkota yang cukup teduh dengan ranting yang tumbuh secara horizontal dan berlapis-lapis; pohon muda sering terlihat seperti pagoda. Tingginya bisa mencapai 35 meter.

Daun ketapang lebar berbentuk telur dengan pangkal daun runcing dan ujung daunnya tumpul. Penguat bilah berjalan sejajar dengan tepi gelombang. Daunnya habis dua kali setahun. Bunga-bunga dari pohon ketapang kencana berukuran kecil dan semuanya dikelompokkan bersama dalam sebutir yang mendekati ujung cabang hijau kekuningan sekitar 8 sampai 25 cm panjangnya. Buahnya adalah batu berbentuk oval, agak pipih dan memihak. Saat muda, buah ketapang berubah menjadi hijau kekuningan dan ungu kemerahan saat matang.

Ketapang (Terminalia catappa) adalah tanaman asli Asia Tenggara dan didistribusikan di hampir semua wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini juga sering ditanam di Australia, India, Madagaskar hingga Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Habitat yang disukai oleh pohon Ketapang adalah daerah dataran rendah termasuk daerah pantai hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Pohon ini melempar daunnya dua kali setahun sehingga tanaman dapat bertahan pada bulan-bulan kering.

Manfaat ketapang. Ketapang telah lama menjadi pohon multi guna. Pepagan (kulit luar) dan daunnya cocok untuk penyamakan kulit, pewarna alami dan sebagai tinta. Kayunya berkualitas bagus, meskipun rentan terhadap rayap.

Biji ketapang dapat dimakan dan mengandung minyak (mirip dengan minyak almond), sehingga sering digunakan sebagai pengganti minyak almond, yang efektif dalam menghilangkan peradangan pada rongga perut. Ketika dimasak dengan daun, dalam pengobatan kusta, kudis dan penyakit kulit lainnya.

Dagingnya bisa dimakan, tapi berserat dan tidak enak, meskipun baunya enak. Daunnya digunakan dalam artritis pada persendian. Tanin dari pepagan dan daunnya digunakan sebagai astringen pada disentri dan sariawan. Juga digunakan sebagai diuretik, kardiotonik dan sebagai obat luar untuk ruam kulit.

Selain itu, bentuk kanopi dan rantingnya sangat khas sehingga naungan dan pertumbuhannya relatif cepat, sehingga pohon ketapang sering ditanam sebagai pohon peneduh di pinggir jalan atau di taman.

Tanaman peneduh ini adalah kelompok tanaman dikotil atau dua bagian, sehingga sistem akarnya adalah akar tunggang. Jenis ketapang taproot bercabang adalah taproot karena ada prinsip berbentuk kerucut yang tumbuh lurus ke bawah dan memiliki banyak cabang yang tumbuh menyamping sebagai penyangga.

Kita tentu tidak tahu persis apakah kota Ketapang di Kalimantan Barat terkait dengan nama tanaman ini yang disebut Terminalia catappa.

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Plantae; Kelas: Magnoliopsida; Orto: Myrtales; Keluarga: Combretaceae; Genus: Terminalia; Spesies: Terminalia catappa L.

Ezeokonkwo dan Dodson (2004) meneliti kandungan nutrisi biji ketapang. Penelitiannya menunjukkan bahwa biji ketapang kaya protein (25,81%) dan asam amino seperti leusin, penilalanin, isoleusin, histidin, valin, triptofan, treonin, metionin, lisin, dan tirosin. Jual Bibit Pohon Ketapang Kencana

Kernel ketapang kering dapat diekstraksi. Minyak dari biji ketapang ini ternyata juga mengandung jenis asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat.

Biji ketapang juga dikenal memiliki sifat afrosida, yang merupakan bahan kimia yang dianggap merangsang seksualitas.

Jadi biji ketapang dapat menjadi obat kuat / stimulan alami untuk gairah seksual dan juga mengurangi risiko ejakulasi dini.

Selain itu, biji ketapang juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang mencapai 25,81% dan mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh. Kedua jenis asam lemak ini sangat bermanfaat, terutama asam linoleat (omega-6), yang digunakan untuk mengurangi sensitivitas insulin.

Di Ketapang, biji juga dikenal memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan, menjaga kesehatan dan kelenturan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Beberapa hal lain yang diketahui berasal dari efektivitas biji ketapang adalah: Mengurangi risiko serangan jantung.

Juga membantu menurunkan kolesterol darah dengan menghambat sintesis kolesterol, mengurangi risiko stroke, dan mencegah tekanan darah tinggi dengan memperlebar dan mempercepat pembuluh darah.

Yang tak kalah penting adalah biji ketapang juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Ini bisa terjadi karena asam lemak dalam biji Ketapang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Asam lemak ini juga disimpan sebagai cadangan makanan ketika tubuh membutuhkannya. Karena itu, tubuh jarang merasa lapar dan cepat menjadi kenyang.

Nah, jika Anda hanya menganggap pohon Ketapang sebagai pohon pelindung atau pohon hias sepanjang waktu.

Lebih baik jika Anda mencoba mengonsumsi biji ketapang untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan Anda, semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *