Bisnis Kuliner Modal Kecil Khas Mahasiswa

Banyak yang bilang jadi mahasiswa itu enak. Jauh-jauh merantau ke kota besar untuk belajar, mau ini itu tinggal tunggu dana transferan dari orang tua. Tapi, apa jadinya kalau transferan orang tua pas-pasan dan ada kebutuhan bulanan yang belum tercukupi?

Merintis usaha sampingan setelah pulang kuliah bisa jadi salah satu solusi. Sekarang ini semakin banyak mahasiswa yang ingin membuka usaha sampingan untuk mencari uang tambahan. Berbagai macam peluang usaha sampingan pun mulai dicoba.

Seperti dikutip dari laman bisnisukm, Ahad (27/8) ada beberapa ide bisnis kuliner modal kecil yang bisa kamu jalankan tanpa mengganggu padatnya jadwal perkuliahan. Misalkan bisnis kuliner angkringan di malam hari.

Menu serba murah dengan tampilan gerobak sederhana khas angkringan, masih jadi tempat nongkrong paling asyik bagi kalangan anak muda. Meski persaingan di bisnis kuliner yang satu ini sudah cukup tinggi, tapi warung angkringan tetap jadi idola kalangan anak muda.

Cari lapak sederhana yang cukup strategis, misalnya di daerah kost mahasiswa, kemudian mulai cari vendor (juragan angkringan) yang menyewakan gerobak serta peralatan pendukung lainnya. Biasanya juragan angkringan tidak hanya menyewakan gerobak dan peralatannya, namun juga menyediakan berbagai macam kuliner khas angkringan yang bisa kamu pesan tanpa harus repot memasaknya sendiri.

Selain itu, kudapan yang satu ini, yakni Salad, juga lagi hits di kalangan anak muda. Apalagi saat ini sudah banyak remaja yang memilih pola hidup sehat untuk menjaga penampilan mereka. Untuk membuat salad buah cukup mudah, dan murah.

Kamu bisa membeli berbagai macam buah-buahan di toko buah, kemudian untuk topingnya bisa dapetin di swalayan di sekitar kost. Biasanya salad buah dijual dalam kondisi dingin, untuk ukuran kecil dibandrol mulai dari Rp 5.000 per kota, sedangkan untuk ukuran besar dijual sekitar Rp 20.000 per kotak. Untuk pemasarannya gampang, bisa upload gambar ke instagram.

Bisa juga memanfaatkan hobi ngemil mahasiswi untuk jualan aneka makanan kecil. Umumnya remaja putri suka ngemil ketika sedang kumpul bersama teman-temannya di kost ataupun di waktu luang ketika istirahat menunggu jadwal perkuliahan di kampus.

Nah, ini peluang buat kamu menjajakan aneka makanan kecil yang disukai anak muda. Contohnya kamu bisa kulakan di pusat grosir camilan, kemudian membungkusnya dengan kemasan yang lebih kecil untuk dipasarkan di kantin kampus, koperasi mahasiswa, dititipkan di warung makan sekitar kampus, atau bisa juga dititipkan ke beberapa kost temanmu. Libatkan temanmu sebagai agen bisnis camilanmu.

Tampil beda dengan gerobak kopi keliling juga akan menjadi penarik usaha. Merebaknya bisnis kedai kopi dengan harga premium ternyata bisa jadi salah satu ide bisnis buat kamu untuk tampil beda. Inovasi gerobak kopi keliling sekarang ini mulai digandrungi kalangan anak muda. Jangan salah, meski menggunakan gerobak keliling tapi citarasa kopi yang disajikan tak kalah pamor dengan kopi buatan barista di kedai kopi premium.

Biasanya untuk secangkir kopi, dibandrol dengan harga mulai dari Rp 10.000. Karena konsepnya keliling, kamu bisa menyasar pusat keramaian di kotamu, misalnya di tempat-tempat tongkrongan mahasiswa di kampusmu.

Setidaknya bisnis kuliner bakso bakar juga tidak akan menggangu waktu kuliah. Citarasa daging sapi giling yang diolesi bumbu kecap pedas jadi panganan unik yang sekarang ini digandrungi kalangan anak muda. Untuk membuatnya sangat-sangat mudah, kamu bisa mulai menjajakannya di lingkungan kampus, sekolah, atau bisa juga di depan kost ketika selesai kuliah.

Mudah bukan? Dengan modal kurang dari 500 ribu, kamu sudah bisa mulai mencoba ide bisnis kuliner di atas tanpa harus mengandalkan lagi uang transferan dari orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *