Dalam Rangka Program Semarak Penghijauan Kapolri, Polres Enrekang Tanam Ratusan Pohon Ketapang Kencana

Enrekang Kapolres AKBP Endon Nurcahyo, secara simbolis memimpin pabrik Pohon Ketapang Kencana untuk melaksanakan arahan program penghijauan Kapolri tentang penghijauan di Halaman Polisi Enrekang Mako.

Menanam Pohon Ketapang Kencana adalah keprihatinan bagi kelestarian ekosistem di bumi ini. Karena dengan penghijauan, udaranya bersih, karena Pohon Ketapang Kencana menghasilkan oksigen yang perlu kita hirup.

Untuk alasan ini, Kepolisian Daerah Enrekang memperingati hari penanaman Pohon Ketapang Kencana Indonesia pada hari Selasa (01/07/2020) melakukan kegiatan penanaman Pohon Ketapang Kencana yang dipimpin oleh PPU AKBP Kepala Kepolisian M Dharma Nugraha di sekitar Kantor Polisi Daerah Enrekang.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai jenis bibit tanaman ditanam di tanah Mapolres Enrekang. Sebanyak 100 Pohon Ketapang Kencana dari jenis ketapang, kencana dan pucuk merah.

Dalam Rangka Program Semarak Penghijauan Kapolri, Polres Enrekang Tanam Ratusan Pohon Ketapang Kencana

Pada acara tersebut, Kapolres Enrekang, AKBP Endon Nurcahyo, mengatakan penanaman bibit Pohon Ketapang Kencana di daerah Mapolres tidak hanya untuk memperingati hari penanaman Pohon Ketapang Kencana Indonesia, tetapi juga reboisasi.

Karena dengan program penghijauan ini, udara di sekitarnya menjadi lebih segar dan dapat mengurangi polusi udara.

Kegiatan ini adalah kegiatan dengan agenda yang ada terkait dengan Hari Menanam Pohon Ketapang Kencana Indonesia, sehingga Kantor Polisi Enrekang mengambil bagian dalam kegiatan ini, katanya.

Mereka menanam tidak hanya di daerah Mapolres, tetapi juga di asrama resmi masing-masing.

Kami menanam Pohon Ketapang Kencana Ketapang Kencana dan Red Buds untuk penghijauan di sekitar Mako Polres, karena dengan penghijauan ini udara akan lebih segar dan nanti karena Mako akan lebih dingin, sehingga staf yang bekerja akan lebih nyaman, jelasnya. Harga Bibit Ketapang Kencana

Karakteristik utama pohon ketapang

Pohon ketapang adalah tanaman khas di wilayah Asia Tenggara. Ketapang dapat ditemukan hampir di mana-mana di Asia Tenggara, kecuali di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Pohon ini dibawa dari Asia Tenggara dan tersebar di berbagai belahan dunia. Kemudian ditentukan bahwa iklim di Australia Utara, India, Polinesia, Madagaskar, Pakistan, Afrika Barat, Afrika Timur, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah cocok untuk menanam Ketapang.

Pada dasarnya, pohon ketapang dapat tumbuh di daerah pesisir (dataran rendah) dengan curah hujan sekitar 1.000 hingga 3.500 mm per tahun.

Pohon ketapang adalah pohon besar yang rindang. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan lebar tongkat 1,5 meter. Ketapang memiliki satu sifat, yaitu bahwa ranting-rantingnya tumbuh menyamping (horizontal) dan berlapis-lapis. Akibatnya, pohon ketapang sering terlihat seperti bangunan pagoda.

Ketapang Kencana mempunyai bentuk daun dengan luas yang lebar dan cenderung meruncing di bagian ujungnya, Ketapang tampak semakin subur dan rindang. Ditambah bunga-bunga kecil yang indah dalam warna kuning dan hijau, pohon-pohon ketapang terlihat menarik, sehingga pemerintah berbagai kota di Indonesia menggunakannya sebagai pohon bayangan untuk jalanan.

Pohon ketapang menghasilkan buah-buahan yang berbentuk seperti telur pipih dan bersayap sempit. Warnanya merah, kuning, kehijauan jika tidak matang, dan berubah menjadi merah-ungu saat dimasak. Buah ketapang memiliki lapisan gabus. Inilah mengapa buah ketapang bisa berenang di laut atau di sungai selama berbulan-bulan. Buah ketapang juga disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat ketapang secara umum

Hampir semua bagian pohon Ketapang dapat digunakan. Daun sering digunakan sebagai dasar untuk produksi tinta, menghitam dan penyamakan kulit. Daun ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis.

Jaringan kulit kayu (pepagan) dapat digunakan sebagai zat pewarna. Warna yang dihasilkan dari ekstrak pohon Ketapang kencana ini dominan dengan warna kuning kecoklatan dan hampir mirip dengan minyak zaitun. Kulit kayu atau bagian pepagan ini banyak mengandung tanin sebesar 11% hingga 23%.

Kayu pohon ketapang berwarna merah muda sampai kecoklatan. Kepadatan kayu tertentu, yang disebut terminalia merah-coklat, antara 0,465 dan 0,675. Kayu pohon ketapang tidak tahan lama, tetapi sangat tahan dan keras, sehingga kayu ketapang sering digunakan untuk menutupi lantai (veneer) dan untuk membuat perahu.

Biji buah ketapang bisa dimakan. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena itu, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang sebagai pengganti kenari dan almond. Ketika inti biji ketapang dikeringkan di bawah sinar matahari, terbentuk minyak kekuningan.

Minyak ini kaya akan berbagai asam lemak seperti asam oleat (hingga 23,3%), asam palmitat (55,5%), asam linoleat, asam miristat dan asam stearat. Selain asam lemak, biji ketapang kering juga mengandung gula 16%, protein 25% dan berbagai jenis asam amino.

Biji ketapang dapat menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian oleh peneliti dari University of Toronto, Kanada, buah biji ketapang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Fakta ini ditentukan sebagai hasil investigasi dengan tiga kelompok peserta.

Dalam studi semen Ketapang ini, kelompok pertama menurunkan kolesterol melalui diet tingkat rendah yang hanya mengonsumsi makanan dengan krim susu dan sereal. Kelompok kedua diberi makan sama seperti kelompok pertama.

Hanya saja pada kelompok kedua, diet ditambah dengan konsumsi pil penurun kolesterol hingga 20 ml per hari. Kelompok ketiga secara ketat mengonsumsi makanan berserat, kedelai dan biji ketapang.

Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa kelompok ketiga (yang mengonsumsi biji ketapang) berhasil menurunkan kadar kolesterol mereka lebih dari 30%. Alasannya biji ketapang mengandung vitamin E dalam jumlah banyak. 

Vitamin E berfungsi sebagai pemicu pengurangan jumlah protein C-reaktif. Kadar protein C-reaktif yang tinggi mengindikasikan peradangan pembuluh darah di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Daun ketapang sebagai pakan sederhana untuk ikan cupang

Daun ketapang diiklankan sebagai resep khas Asia untuk mengatasi masalah air, itulah pendapat para pecinta ikan. Sebagian besar sungai dan danau di Asia berwarna coklat gelap. Secara mengejutkan warna air ini dapat memengaruhi kualitas hidup ikan hias yang ada di dalamnya.

Ini diketahui setelah fakta bahwa ikan cupang yang hidup di daerah dengan sungai atau danau berwarna coklat gelap (jauh ke sana karena daun Ketapang) lebih cantik dan tubuhnya lebih sehat.

Mengapa daun ketapang dapat menjaga kualitas ikan cupang? Penelitian menunjukkan bahwa daun ketapang menghasilkan sejenis racun yang digunakan untuk menghindari parasit.

Ketika daun pohon, juga dikenal sebagai pohon kenari tropis, mengering dan jatuh ke sungai atau danau, asam organik (seperti tanin dan asam humat) berkembang yang dapat mengurangi keasaman air.

Selain itu, daun ketapang dikatakan mampu menyerap bahan kimia berbahaya untuk menciptakan kondisi air yang sehat yang nyaman bagi ikan cupang.

Zat yang dihasilkan oleh daun ketapang menyebabkan banyak petani ikan cupang menggunakannya untuk mencegah penyakit ikan cupang yang disebabkan oleh bakteri jahat. Jika ikan cupang dapat hidup sehat, ia menghindari stres dan pertumbuhan ekornya menjadi lebih indah dan maksimal.

Ketapang Seed Cake, adalah makanan yang pembuatan nya dilakukan dengan cara yang mudah dan tentunya akan sangat enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *