Tips untuk Fresgraduate Mempersiapkan Wawancara

Memeriksa akurasi resume
Kesan awal seorang kandidat dibuat dari resume yang dikirimkan. Pertama-tama resume harus melampaui filter apa pun yang telah ditetapkan oleh atasan atau online. Kemudian resume akan ditinjau, diciutkan, dan kemudian datang panggilan untuk wawancara. Menambahkan informasi tentang lokakarya, proyek, seminar, hobi dll, juga merupakan nilai tambah yang besar. Juga menambahkan informasi yang relevan ke persyaratan pemberi kerja memberikan sentuhan profesional dan itu akan lebih menarik bagi orang yang meninjau profil Anda. Langkah paling vital adalah resume harus unik dan tidak boleh berupa bisnis salin dan tempel. Bacalah resume untuk setiap kesalahan dan juga bacakan dengan lantang sehingga Anda dapat mengidentifikasi kesalahan yang dibuat, jika ada dalam resume, sebelum mengirimkan ke majikan.

Penelitian latar belakang harus dilakukan secara online
Sebelum menghadiri wawancara, periksa situs web perusahaan untuk layanan, solusi, produk dan kemitraan atau aliansi. Kumpulkan detail tentang kapan perusahaan itu didirikan, apa saja proyek yang sedang mereka kerjakan, klien utama mereka dan juga lokasi mereka. Lakukan riset tentang ulasan perusahaan secara online. Juga melakukan penelitian tentang proyeksi gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal-hal ini menunjukkan keseriusan tentang pekerjaan yang akan Anda ambil. Pengusaha akan condong ke arah orang-orang yang sadar akan bisnis mereka daripada orang-orang yang bahkan tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi situs web perusahaan mereka.

Pendahuluan Praktek, menit pertama sangat penting
Pengenalan diri harus dipraktekkan beberapa kali sebelum mendapatkan perasaan, bahwa itu sempurna. Meskipun detail lengkap Anda akan dipublikasikan di resume, pertanyaan umum yang ditanyakan majikan adalah “Ceritakan sesuatu tentang diri Anda”. Inilah saatnya Anda benar-benar dapat mencetak gol. Majikan akan terkesan jika keterampilan komunikasinya bagus dan perkenalan Anda langsung ke pokok permasalahan alih-alih menjauh dari topik. Berbicara tentang hasrat Anda adalah suatu keharusan karena memberikan wawasan tentang diri Anda kepada majikan.

Kode berpakaian dalam wawancara
Kesan visual juga penting selama wawancara. Pakaian Anda harus rapi, rambut Anda harus terawat, sepatu Anda harus bersinar dll. Matikan ponsel Anda atau simpan di mode diam, sebelum memasuki ruang wawancara. Ketuk pintu sebelum masuk dan minta izin untuk memasuki ruangan. Sambut majikan sambil tersenyum.

Sikap dan Bahasa Tubuh
Berada dalam kondisi pikiran yang rileks selama wawancara. Jangan menunjukkan tanda-tanda gugup atau cemas selama wawancara. Minumlah air jika tersedia, untuk memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Pastikan Anda melakukan kontak mata langsung dengan orang yang mewawancarai Anda. Jujurlah jika Anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan kepada Anda. Jika praktik dan penelitian dilakukan dengan benar, maka peluang mendapatkan pekerjaan akan meningkat secara signifikan. Ingat, sikap Anda sangat berarti bagi majikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *